Apa itu Sikap Mental Positif ?

Posted by Sikap Mental Positif on Rabu, 07 Mei 2014

Sikap mental positif adalah sebuah keadaan jiwa yang percaya diri, jujur, dan membangun, dimana orang membuat dan menjaganya dengan metode yang dipilihnya sendiri, dilakukan dengan kekuatan niatnya sendiri, berdasarkan motivasi yang diadaptasinya sendiri. ~ Napoleon Hill
dan
Sikap Mental Positif adalah pikiran, tindakan, atau reaksi jujur yang benar terhadap situasi atau lingkungan yang dihadapi, misalnya pikiran, aksi dan reaksi yang tidak melawan Hukum Tuhan atau hak sesama manusia, bagi mereka yang memiliki sikap mental positif.
Anda adalah produk dari garis keturunan, lingkungan, tubuh  fisik, pikiran sadar dan bawah sadar, posisi dan arah tertentu dalam ruang dan waktu dan sesuatu yang lain, termasuk kekuatan-kekuatan baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal. Ketika anda berpikir dengan sikap mental positif, Anda bisa mempengaruhi, menggunakan, mengendalikan dan menyelaraskan, atau menetralkan sebagian atau semua faktor ini . Anda dapat mengarahkan pikiran anda, mengendalikan emosi, dan menentukan tujuan anda. Anda adalah jiwa dengan sebuah tubuh. ~ W. Clement Stone
Thinking smile Entah penerjemahnya yang mbulet atau memang Napoleon Hill dan Clement Stone yg bikin susah, saya sulit sekali mengartikan dua cuplikan di atas. Bagi saya sendiri melihat seperti ini :
  • Mereka berdua setuju itu adalah reaksi atau cara berpikir yg jujur. Kenapa mereka selalu memasukkan jujur ke dalam definisinya? Apakah kita bisa menunjukkan sikap positif yang berpura-pura. Ya, seringkali kita bisa melihat, merasakan, bahkan mungkin mengalami sendiri. Bahwa kita tidak jujur dengan reaksi sebagaimana yg dialami oleh hati kita. Hati kita bicara gelisah, tapi berujar kita tenang.
  • Sikap dan perilaku yang ditimbulkan bahkan dalam tataran pemikiran, adalah sesuatu yang timbul karena diri sendiri, bukan dibuat oleh orang lain. Ini ada dalam pikiran saya karena saya berpikir kita bisa meminta satu tim pencitraan diri untuk membuat kita tampil seperti apa. Tapi itu bukan sikap mental positif karena itu dibuat-buat. bukan berasal dari metode yg dipilih sendiri, dilakukan dengan kekuatan sendiri dan diadaptasi sendiri hingga menjadi perilaku.
  • Perilaku yang kita timbulkan haruslah tidak melawan hukum Tuhan (standar kebenaran universal) dan tidak melanggar hak asasi sesama. Kayaknya cukup jelas
  • Melakukan sikap mental positif membuat yang melakukan merasakan kesuksesan.
Mari kita ringkas. PMA (Positive Mental Attitude) atau Sikap Mental Positif adalah berbuat baik yang disadari, dinikmati dan timbul dari diri sendiri. Saya rasa itu.

Drg. T.A. Tatag Utomo, MM., ASM
Direktur Pendidikan
KPPSM F.X. Oerip S. Poerwopoespito
Wisma KPPSM
Cibubur Indah III Blok F-7 Jaktim 13720
T: 021-8716968, F: 021-8719981
HP/WhatsApp: 0818-874430
Website: www.kppsm.com
Twitter: @tatagkppsm
e: tatag@kppsm.com
Facebook: Pengembangan Sikap Mental Positif

Blog, Updated at: 00.42

0 komentar:

Posting Komentar