SIKAP MENTAL POSITIF SEBAGAI LANDASAN

Posted by Sikap Mental Positif on Rabu, 07 Mei 2014

I. Senjata Ampuh
       Menurut profesor Edwood Chapman, sikap mental adalah cara mengkomunikasikan atau mengekspresikan suasana hati atau watak kepada orang lain. Jika ekspresi kita kepada orang lain positif, maka kita disebut sebagai orang yang bersikapmental positif. dan begitu juga sebaliknya.
         Sikap mental positif mendorong kita untuk mencapai tujuan dengan gigih. ketika kita jatuh terperosok, kita masih dapat mengatakan "ah ini cuma tersandung batu kecil, tujuan kita belum tercapai". kita pun mampu bangkit kembali. Shoichiro Honda tetap bersikap mental positif ketika piston berbentuk cincin buatanya ditolak oleh toyota dan ditertawakan para teknisi. Setelah bertahan dua tahun dan memperbaiki kelemahan tersebut, akhirnya toyota mau menerimanya. Bahkan ketika pabriknya dibom dua kali dan dihancurkan oleh gempa bumi, ia tetap bersikap mental positif dalam meraih cita-citanya dan tetap berusaha mempunyai pabrik kembali.
        Sikap mental positif mendorong kita untuk menjadi lebih kreatif. Setiap saat terjadi hal-hal yang tak kita inginkan, dengan sikap mental positif , kita masih dapat menanggapinya dengan mencari suatu hikmah di baliknya secara kreatif.

II. Menjaga Kreatifitas
   Entrepreneur merupakan orang yang menanggapi setiap perubahan lingkungan secara kreatif dan inovatif. Baginya, lingkungan macam apapun tidak menimbulkan masalah, termasuk saat terjadi krisis. Dengan demikian di balik timbulnya kesulitan atau ancaman, kreatifitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru, sedangkan inovasi merupakan aplikasi dari gagasan atau ide baru tersebut.
     Kita semua adalah mahluk yang kreatif, namun karena kreatifitas ini jarang dipraktikkan secara rutin, ia menjadi lumpuh. Hal ini serupa dengan otot-otot seorang yang tak pernah dilatih.


III. Teknik Menciptakan Ide: Minimisasi
          Salah satu teknik menciptakan ide yaitu teknik minimisasi. Teknik minimasi, selain pengecilan dalam fisik, dapat pula bermakna pengecilan dalam hal waktu. Honda meraih sukses dengan menggunakan teknik minimasi dalam hal fisik ketika memasuki pasar Amerika Serikat. Pada saat itu Amerika serikat, sepeda motor yang ada adalah sepeda motor besar 250 cc dan 350 cc. Awalnya honda mencoba membuat motor besar, tetapi mengalami kegagalan.
            Akhirnya, honda menggunakan teknik minimasi dengan membuat sepeda motor 50 cc yang disebut Super Cup, yang mengawali kesuksesan honda. Dalam jangka 5 tahun, satu di antara dua motor di Los Angeles bermerek Honda.


IV. Kreatifitas Periklanan
             Kreatifitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru, sedangkan inovasi meupakan aplikasi dari gagasan atau ide baru tersebut. Kita semua adalah mahluk yang kreatif, namun karena kreatifitas ini jarang dipraktikkan secara rutin, akhirnya kreatifitas ini menjadi lumpuh. Sama halnya dengan otot-otot seseorang yang tak pernah digunakan.

Blog, Updated at: 20.26

0 komentar:

Posting Komentar