Menurut
profesor Edwood Chapman, sikap mental adalah cara mengkomunikasikan atau
mengekspresikan suasana hati atau watak kepada orang lain. Jika
ekspresi kita kepada orang lain positif, maka kita disebut sebagai orang
yang bersikapmental positif. dan begitu juga sebaliknya.
Sikap
mental positif mendorong kita untuk mencapai tujuan dengan gigih. ketika
kita jatuh terperosok, kita masih dapat mengatakan "ah ini cuma
tersandung batu kecil, tujuan kita belum tercapai". kita pun mampu
bangkit kembali. Shoichiro Honda tetap bersikap mental positif ketika
piston berbentuk cincin buatanya ditolak oleh toyota dan ditertawakan
para teknisi. Setelah bertahan dua tahun dan memperbaiki kelemahan
tersebut, akhirnya toyota mau menerimanya. Bahkan ketika pabriknya dibom
dua kali dan dihancurkan oleh gempa bumi, ia tetap bersikap mental
positif dalam meraih cita-citanya dan tetap berusaha mempunyai pabrik
kembali.
Sikap
mental positif mendorong kita untuk menjadi lebih kreatif. Setiap saat
terjadi hal-hal yang tak kita inginkan, dengan sikap mental positif ,
kita masih dapat menanggapinya dengan mencari suatu hikmah di baliknya
secara kreatif.
II. Menjaga Kreatifitas
Entrepreneur
merupakan orang yang menanggapi setiap perubahan lingkungan secara
kreatif dan inovatif. Baginya, lingkungan macam apapun tidak menimbulkan
masalah, termasuk saat terjadi krisis. Dengan demikian di balik
timbulnya kesulitan atau ancaman, kreatifitas adalah kemampuan untuk
menyajikan gagasan atau ide baru, sedangkan inovasi merupakan aplikasi
dari gagasan atau ide baru tersebut.
Kita semua
adalah mahluk yang kreatif, namun karena kreatifitas ini jarang
dipraktikkan secara rutin, ia menjadi lumpuh. Hal ini serupa dengan
otot-otot seorang yang tak pernah dilatih.III. Teknik Menciptakan Ide: Minimisasi
Salah satu teknik menciptakan ide yaitu teknik minimisasi. Teknik minimasi, selain pengecilan dalam fisik, dapat pula bermakna pengecilan dalam hal waktu. Honda meraih sukses dengan menggunakan teknik minimasi dalam hal fisik ketika memasuki pasar Amerika Serikat. Pada saat itu Amerika serikat, sepeda motor yang ada adalah sepeda motor besar 250 cc dan 350 cc. Awalnya honda mencoba membuat motor besar, tetapi mengalami kegagalan.
Akhirnya, honda menggunakan teknik minimasi dengan membuat sepeda motor 50 cc yang disebut Super Cup, yang mengawali kesuksesan honda. Dalam jangka 5 tahun, satu di antara dua motor di Los Angeles bermerek Honda.
IV. Kreatifitas Periklanan
Kreatifitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru, sedangkan inovasi meupakan aplikasi dari gagasan atau ide baru tersebut. Kita semua adalah mahluk yang kreatif, namun karena kreatifitas ini jarang dipraktikkan secara rutin, akhirnya kreatifitas ini menjadi lumpuh. Sama halnya dengan otot-otot seseorang yang tak pernah digunakan.
0 komentar:
Posting Komentar